Pemahaman Backlink Berkualitas. Jangan Asal Tanam!

Pemahaman Backlink Berkualitas. Jangan Asal Tanam!

Ada banyak ulasan mengenai backlink berkualitas, tapi sangat jarang penjelasan mendalam tentang seperti apa backlink berkualitas tersebut?

Kebanyakan hanya memberikan link rujukan untuk membuat backlink, bahkan bagaimana cara membuat tautan yang mengarah ke alamat website kita sangat jarang sekali ditemukan. Yang umum hanya sebaris link-link yang siap untuk di “spam”.

Tampaknya ini tidak tepat untuk dibaca dan diketahui oleh mereka yang masih sangat awam tentang pengoptimalan mesin telusur. Alih-alih ada di halaman pertama, malah domain yang sedang dioptimasi tercecer di halaman 5,10 hasil pencarian, yang paling tragis malah hilang dari hasil pencarian jika penerapannya tidak tepat!

Nah, untuk itu disini saya akan menjelaskan pada Anda bagaimana agar backlink tersebut berdampak positif untuk web, karena tidak semua backlink bernilai baik walaupun sumber backlink sama. Kita perlu mengukur dan memperhatikan banyak aspek lain yang menjadikan backlink tersebut berkualitas.

Bisa saja backlink dari link A untuk web B berdampak baik, tapi link A untuk web Anda malah berdampak buruk. Loh, kok bisa seperti itu? Iya, karena web Anda tidak memenuhi kriteria yang cukup untuk menerima link A. Apakah hal ini sulit Anda pahami ? Baiklah saya akan jelaskan di bawah ini …

Konsep Backlink Berkualitas

Seperti pada layanan jasa backlink saya, disana saya menjelaskan tentang bagaimana melakukan penerapan pembuatan backlink agar berkualitas. Kosep backlink berkualitas itu hanya jika web orang lain memberikan tautan untuk website Anda tanpa ada unsur sengaja, kurang lebih hanya untuk menambah sumber informasi atau melengkapi daftar pustaka. Diluar itu, atau backlink yang dibuat secara sengaja cenderung bernilai buruk, atau sama saja tidak berkualitas.

Banyak contoh perolehan backlink kualitas yang mudah untuk kita pahami. Contohnya salah satu Blog kampus atau situs forum diskusi untuk mahasiswa sedang membahas tentang salah satu topik di Blog Anda, dan untuk meyakinkan para mahasiswa atau bahkan dosen di forum, mahasiswa yang terlibat mencantumkan link Anda di balasan komentar, dan forum ini terindeks dengan baik di mesin telusur, artinya, seperti inilah konsep backlink berkualitas. Tentu saja masih banyak contoh-contoh lain.

Apakah backlink yang kita peroleh dari tindakan sengaja sama dengan tidak berkualitas atau akan berdampak buruk untuk website ? TIDAK, jika dasar, tempat, dan waktu penerimaan dan pembuatan backlink sudah tepat.

Dasar Kelayakan Backlink Agar Berkualitas

Masih berhubungan dengan ulasan jasa backlink saya, tautan berkualitas tidak harus dari domain yang memiliki domain authority atau page authority yang lebih tinggi dari web yang sedang dioptimasi. Nilain DA dan PA ditentukan oleh alat search engine optimization (SEO), bukan mesin telusur. Ini sangat penting untuk Anda pahami.

Backlink berkualitas pada dasarnya adalah sesuatu yang alami. Coba bayangkan, bagaimana sesuatu yang alami terjadi dalam topik ini ? Apakah backlink yang semua bersumber dari domain yang memiliki DA PA lebih tinggi dari web Anda ? Tentu tidak bukan.

Backlink berkualitas adalah backlink yang datang dari variasi DA PA domain berbeda, bisa lebih tinggi dari domain Anda, bisa juga lebih rendah dari domain Anda. Ini akan lebih terkesan alami. Bahkan bukan hanya domain saja, backlink berkualitas juga adalah backlink yang datang dari variasi jenis situs. Sudah saya jelaskan di layanan jasa backlink saya.

Kelayakan Website …

Dasar kelayakan website menerima backlink. Ini penting untuk juga dipahami sebelum melakukan aktivitas kampanye backlink. Apakah website Anda sudah layak untuk menerima backlink ? Apa-apa saja faktor yang membuat sebuah website layak menerima backlink ? Semua penjelasannya ada di bawah ini …

Paling tidak website Anda memiliki sesuatu yang bernilai dan layak untuk direkomendasikan. Coba bayangkan sejenak, apakah mungkin sesuatu yang tidak berkualitas akan direferensikan oleh orang lain di web, situs forum, atau bahkan media sosial ? Tentu tidak bukan ? Jika website Anda bernilai baik, maka saat itulah website Anda layak menerima backlink. Artinya, silakan Anda nilai sendiri seberapa nernilainya isi website Anda.

Anda juga dapat mengukur seberapa bernilai website Anda dari hasil penelusuran. Jika hanya dengan isi website (on page) saja website Anda sudah mendapatkan peringkat yang baik, maka dapat dipastikan website Anda bermutu dan layak menerima backlink (berkualitas).

Kelayakan Tempat …

Backlink akan bernilai positif dalam arti berkualitas jika datang dari halaman berkualitas pula. Seperti apa halaman yang berkualitas ? Saya akan coba jelaskan menurut pemahaman saya di bawah ini …

Backlink berkualitas datang dari halaman berkualitas. Contohnya dari halaman yang bermanfaat untuk pengunjung dan pembaca, misalnya Anda menulis di kompasiana.com atau bersosial.com, tulisan Anda mendapatkan kunjungan dari mesin telusur atau anggota forum, lantas tautan yang ada di halaman di klik oleh pembaca, maka disinilah backlink berkualitas itu terjadi, ketikan link mendapatkan klik, pengalihan url agar terdeteksi oleh robot mesin telusur dan secara otomatis akan di nilai baik atau berkualitas.

Mesin telusur seperti Google secara tegas mengatakan beberapa link yang ditempatkan pada halaman terlarang akan terindikasi spam atau berdampak buruk untuk halaman tertaut. Misalnya dari halaman yang tidak memiliki manfaat untuk pembaca, artinya isi halaman hanya berisikan “sampah” yang tidak pernah di klik oleh pengunjung. Misalnya link yang berada di chat box, halaman guest book, dan halaman situs ilegal. Ini akan berakibat buruk untuk halaman tertaut.

Kelayakan Waktu …

Apa hubungannya waktu dengan backlink berkualitas ? Ada kok hubungannya, berikut penjelasan menurut pemahaman saya …

Jadi, backlink yang diterima oleh website Anda akan bernilai baik ketika waktu penerimaan backlink sudah tepat. Misalnya, Anda baru saja melakukan pembaharuan pada website, contoh melakukan publikasi tulisan 24 jam yang lalu.

Jika website Anda memiliki tingkat kecepatan indeks yang baik di mesin telusur, bisa saja postingan Anda akan langsung berada di hasil pencarian dengan kata kunci yang menjadi target dan judul tulisan Anda, terkait posisi halaman, tidak jadi masalah.

Jika sebaliknya, ternyata website Anda memiliki tingkat kecepatan indeks yang lama oleh mesin telusur, maka jelas url postingan Anda belum ada di hasil pencarian.

Maka, untuk membuat backlink berkualitas, pastikan terlebih dahulu url yang akan dioptimasi sudah terindeks di mesin telusur. Baiknya tunggu 1 atau 2 minggu, karena pada saat terindeks pertama kali, bisa saja peringkat url Anda ada di halaman pertama, setelah beberapa minggu kemudian tercecer di halaman2,3,4,5,7,8,9, bahkan 10. Ini karena mesin telusur “menyukai” publikasi terbaru.

Ketika posisi url Anda sudah Anda yakini berada di peringkat yang tempat, jika itu penting, maka barulah mulai pembuatan backlink dengan cara yang tepat. Misalnya dimulai dengan 1 backlink dari situs media sosial, selanjutnya backlink dari situs forum di waktu berikutnya, dan seterusnya. Disesuaikan dengan tingkat persaingan kata kunci.

Baca juga: SEO untuk Orang Kaya! Si Miskin Bisa, Tapi Perlu Kerja Ekstra

PENUTUP

Demikian pemahaman tentang backlink berkualitas yang menurut saya sangat penting untuk diketahui sebelum melakukan link building.

Jika pemahaman saya ternyata tidak sama dengan Anda, saya berharap Anda memberikan koreksi melalui kolom komentar. Saya sangat senang berdiskusi tentang SEO, karena saya konsultan SEO, ciyeee …

Tulisan ini dibuat tanpa editing, mohon maaf jika penjelasan membingkungkan atau jika ada kesalahan ejaan. Terima kasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.