SEO untuk Orang Kaya! Si Miskin Bisa, Tapi Perlu Kerja Ekstra

SEO Kaya vs SEO Miskin

Seiring berjalannya waktu ditengah aktivitas SEO yang saya kerjakan sejauh ini, sedikit saya memiliki pemikiran ternyata kegiatan ini hanya bisa dilakukan oleh orang kaya, baik individu atau organisasi.

Bagaimana saya bisa memiliki pemikiran demikian? Inti dari upaya search engine optimization itu adalah kualitas, sebuah kualitas yang ditentukan oleh mesin telusur, sementara mesin telus berbisnis iklan, dan pepatah yang selama ini kita perdengarkan di banyak kesempatan adalah “ada harga ada kualitas”. Sampai disini apakah Anda sudah memahami mengapa saya berpikir demikian ? Jika tidak, baik akan saya lanjutkan.

Tapi sebelumnya, saya ingin menyampaikan permintaan maaf kepada pihak-pihak yang tidak sepemikiran dengan saya, atau kepada pihak-pihak yang tersinggung dengan pernyataan saya ini. Saya tidak bermaksud mendiskreditkan golongan ekonomi tertentu, ini murni hanya pemikiran saja. Di bawah ini saya akan jelaskan yang menjadi alasan kenapa saya berpikir demikian ?

Ada SEO Ada Biaya

SEO atau Search Engine Optimization adalah ketika Anda berupaya untuk berada di halaman pertama hasil pencari mesin telusur dengan kata kunci yang sedang Anda targetkan. Ketika Anda sedang tidak sadar melakukan upaya ini untuk tujuan tertentu, ketahuilah, itu SEO.

Yang menjadi pertanyaan adalah, upaya seperti apa dalam prakteknya agar aktivitas tersebut dikatakan kegiatan SEO ?

Ketika Anda mulai mengerjakan sesuatu yang berkualitas untuk halaman Anda, entah itu situs, website, blog, atau sekadar halaman penawaran saja. Kualitas yang dimaksudkan disini adalah kemudahan pengguna untuk mengakses, mencerna, dan memahami isi halaman.

Lantas muncul pertanyaan berikutnya, siapa yang menentukan kualitas tersebut ?

Jawabannya adalah mesin telusur. Google, Bing, Yandex, dan lain-lain. Tujuan mesin telusur ini adalah agar mereka banyak mendapatkan pengguna, hingga muncul peluang usaha baru dari bisnis periklanan. Contohnya saja Google Ads. Ketika bisnis itu berjalan dan tumbuh secara pesat, maka akan ada pemasukan yang dapat menunjang kegiatan operasional bahkan memperkaya pemilik mesin telusur itu sendiri. Tidak heran pemilik Google masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Berbicara mengenai inti dari kualitas itu sendiri ialah tampilan, bahasa, kampanye.

Untuk menjalankan ketiga hal inti di atas, diperlukan biaya dalam penerapannya. Contohnya saja, untuk mendapatkan tampilan yang berkualitas, maka Anda harus membeli tema berbayar. Tidak cukup sampai disitu, Anda juga perlu mempekerjakan ahli atau profesional dalam hal desain dan tata letak.

Belum lagi mengenai bahasa yang erat hubungannya dengan isi konten. Ditambah diperlukannya kampanye yang berhubungan dengan pemberitahuan kepada calon pengunjung Anda melalui penyebaran link di berbagai media agar dapat dilihat oleh masyarakat luas. Link building, atau pasang iklan.

Apakah Aktivitas SEO Memerlukan Biaya Besar ?

Ya, jika persaingan kata kunci Anda tinggi.

Ya, jika persaingan kata kunci Anda sedang dan Anda ingin berada di puncak.

Ya, jika persaingan kata kunci Anda rendah dan jika Anda ingin berada di puncak untuk waktu yang lama.

Apakah Anda menyadari¬† ? Semua jawaban di atas “YA”

Kenapa jawaban di atas semua “YA” ? Karena yang namanya berbisnis selalu berjalan secara beriringan dengan bersaing. Ketika Anda luput dari pemikiran ini, maka saya pastikan Anda belum pernah melakukan aktivitas bisnis secara terus menerus. Secara terus menerus maksud saya, bukan hanya sesekali. Karena kalau hanya sesekali, ketika kita berbelanja di warung dan menanyakan harga ke penjaga warung saja itu sudah berbisnis.

Nah, artinya apa ? Aktivitas SEO diperlukan anggaran yang secara berkelanjutan setiap periodenya untuk menjalankan bisnis, membuat bisnis bertahan, atau bahkan menjadikan bisnis kita sebagai pemenang di mesin telusur dengan target kata kunci sama atau memiliki kesamaan dengan kompetitor.

Tujuan dari tulisan ini adalah, saya ingin berbagi pemikiran yang semoga saja dapat menjadi rujukan untuk Anda sebelum melakukan aktivitas search engine optimization. Pasti, pada saat prosesnya nanti dibutuhkan biaya yang cukup besar, dapat juga ditentukan oleh tingkat persaingan kata kunci yang menjadi target Anda.

Jika Anda memiliki anggaran yang sangat terbatas, saya lebih menyarankan Anda untuk bersaing di kata kunci sedang atau rendah, apalagi jika usaha Anda masih dijalankan secara individu. Tentu saja si beruang akan lebih mudah untuk berada di halaman satu dengan ketersediaan anggaran yang ia miliki. Contohnya saja perusahaan dengan basis bisnis secara online.

Kunci Bersaing dalam Aktivitas SEO

Saya juga merasa sebagai pihak miskin yang sangat kesulitan bersaing dengan orang kaya untuk perebutan kata kunci konsultan SEO di mesin telusur google.

Dari apa yang saya amati, pesaing saya ini melakukan aktivitas SEO yang dugaan saya menelan anggaran cukup besar untuk 3 poin penting dalam aktivitas SEO yang sudah saya sebutkan di atas. Bahkan beberapa diantaranya melakukan manipulasi SEO.

Manupulasi SEO ? Ya, di kalangan penggiat SEO ada beberapa trik untuk berhasil berada di halaman pertama mesin telusur dalam waktu singkat, yaitu dengan teknik redirect domain tua atau yang lebih dikenal dengan aged domain. Tapi sayang, saya tidak untuk berbicara hal ini lebih jauh, mungkin di lain kesempatan.

Hal itu tentu saja bisa dengan mudah saya ketahui melalui bantuan alat-alat SEO itu sendiri. Salah satunya Search Console milik Google. Lebih dari itu, ada puluhan alat SEO yang dapat Anda pergunakan secara gratis dan berbayar, Smallseotools.com, Seoreviewtools.com, dan masih banyak lagi. Silakan temukan di Google dengan kata kunci “SEO TOOLS”.

Inilah kunci Anda untuk bersaing di mesin telusur. Google secara khusus menyediakan Search Console untuk web master dalam upaya memantau kelayakan kualitas halaman. Bahkan Anda dapat melakukan beberapa pengaturan agar halaman Anda lebih optimal di lokal SEO.

Apa itu Lokal SEO ? Sekali lagi saya harus mengetik “SAYANG”. Saya tidak untuk berbicara hal ini.

Jika Anda tidak memiliki anggaran yang cukup besar, paling tidak Anda harus memperhatikan Search Console Anda. Lakukan yang seperlunya harus dilakukan. Karena Search Console akan memberitahukan pada Anda hal-hal apa saja yang harus diperbaiki, ditingkatkan di halaman Anda agar layak untuk berada di halaman 1.

Selebihnya Anda dapat berselancar di internet dengan membaca ulasan-ulasan dari Blog yang secara khusus memberikan panduan bagaimana mengoptimalkan halaman Anda di mesin telusur. Anda tidak akan menemukannya disini, karena selain itu menjadi layanan saya, lebih dari itu saya lebih suka menulis hal-hal yang lebih anti mainstream.

Saya merekomendsikan PanduanIM, Maxmanroe pada Anda …

Jangan menyerah, tetap terbuka peluang untuk Anda bersaing dengan skala perusahaan jika saat ini Anda melakukan kegiatan usaha secara mandiri, termasuk dalam hal optimasi halaman Anda. Karena mesin telusur tidak memiliki semacam alat untuk mendeteksi ini halaman perusahaan atau individu.

Lakukan upaya yang lebih konsisten, bertahap, dan selalu memperbaiki pesan kesalahan halaman Anda di Search Console. Sementara untuk mesin telusur lainnya seperti Bing, ada Bing Webmaster, Yandex, ada Yandex Webmaster.

Sampai disini saya berharap Anda sudah mendapatkan gambaran tentang bagaimana melakukan optimasi halaman Anda jika itu ingin Anda lakukan sendiri. Tidak perlu takut bersaing dengan mereka-mereka yang cuma beruang. Ingat loh, beruang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.