Cara Membuat Website dalam 5 Menit Itu Omong Kosong!

Cara Membuat Website

Saya memperhatikan banyak sekali judul tulisan di blog, video tutorial di youtube yang sepertinya membuat judul terlalu berlebihan tentang pembuatan website. Ada yang membuat judul cara membuat website mudah, cara membuat website dalam hitungan menit, bahkan cara membuat website dalam 5 menit, seperti sedang membual, tapi untuk mereka mungkin saja ini strategi untuk mendapatkan pengunjung dengan upaya clickbait.

Sejatinya ini sah-sah saja selama judul dan isi bersesuaian, selama tulisan atau video dikunjungi oleh yang tepat. Bagaimana jika sebaliknya ? Misalnya tulisan atau video dikunjungi oleh orang yang baru saja mengenal website. Saya pikir membutuhkan waktu paling tidak 5 bulan. Jadi, judul yang menggunakan kata hiperbola tersebut sangat tidak tepat.

Lantas, apa yang menjadi tujuan tulisan saya kali ini ?

Disini saya ingin menjelaskan tentang website itu sendiri, mulai dari apa itu website, bagaimana cara membuat website yang tepat dan benar, dan apa saja alat bantuan yang dapat dipergunakan untuk pembuatan website. Jika tulisan ini dibaca oleh orang yang baru saja ingin belajar tentang pembuatan website, maka setidaknya Anda membutuhkan sumber informasi lain, karena disini saya akan mengulas bagian dasar saja, tidak untuk teknis.

Pengertian WEBSITE

Website adalah halaman di link atau url yang berisikan file teks, gambar, atau video untuk tujuan memberikan informasi, menyampaikan pesan, atau melakukan penawaran. Website yang baik adalah ketika website tersebut bermanfaat untuk pengunjung, ketika website tersebut user friendly (mudah di akses dengan segala perangkat), ketika website tersebut juga memiliki kegunaan dan manfaat untuk pemilik website.

Website dewasa ini banyak dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan bisnis untuk individu atau sekala organisasi seperti kelompok atau perusahaan. Biasanya berisikan tentang sesuai produk atau jasa yang menjadi usaha dari pemilik dan pembuat website. Terdahulu website lebih umum dipergunakan untuk media penyampaian informasi dan lebih banyak dimanfaatkan oleh institusi atau lembaga resmi seperti kampus dan pemerintahan.

Sejatinya untuk mereka yang awam masih belum bisa membedakan apa itu halaman web, situs, atau situs web. Jujur, saya sendiri juga bingung untuk memberikan penyebutan dari sebuah halaman, apakah web, situs, situs web, atau blog.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari websiteplanet.com, halaman web adalah halaman yang berisikan sebuah dokumen yang dapat ditampilkan secara online. Sementara situs web adalah semua halaman web yang dalam kesatuan membentuk sebuah situs web.

Ini tidak ubahnya seperti ketika Guru meminta Murid membuka buka untuk memulai pelajari, setelah pelajaran dimulai, Guru meminta Murid untuk membuka halaman 30 untuk dibaca oleh salah seorang Murid, tujuannya agar fokus kepada isi dari halaman 30 tersebut.

Pembuatan WEBSITE

Website dibuat setelah memiliki domain sebagai alamat dari website dan setelah memiliki sarana penyimpanan file untuk website itu sendiri, ini umum disebut hosting, virtual privat server (vps), atau dedicated server (ds). Jika nantinya file website Anda berisikan file dengan ukuran kecil, maka Anda dapat memilih sarana penyimpanan hosting, sedang bisa menggunakan VPS, jika isi file website dalam perencanaannya akan memiliki jumlah file yang besar, maka sebaiknya pilihlah sarana penyimpanan DS. Sesuaikan juga dengan estimasi jumlah kunjungan website nantinya, karena setiap sarana memiliki perbedaan kapasitas.

Anda dapat dengan mudah menemukan penyedia sarana penyimpanan file website di internet, silakan telusuri dengan kata kunci dari penyewaan sarana tujuan Anda. Misalnya, layanan hosting, layanan VPS, layanan DS. Harga dan kapasitas yang ditawarkan oleh penyedia juga sangat bervariasi, tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Bantuan Pengembangan WEBSITE

Ya, banyak bahasa program yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan website, bahkan dengan content manajement system (CMS) yang secara khusus dikembangkan untuk membuat website secara cepat. Tapi ya tidak dalam waktu 5 menit juga, paling tidak ada harus memahami seperti apa pengoperasian CMS tersebut bukan ?

Saya seperti orang yang kesal dengan teknik clickbait ya ? Tidak, tidak, tidak. Saya hanya ingin memberikan ulasan yang sedikit anti mainstream, sama seperti ulasan-ulasan yang lain, misalnya tulisan saya yang berjudul “Pemahaman Backlink Berkualitas. Jangan Asal Tanam!“. Saya memang lebih senang memberikan ulasan yang berbeda dan apa adanya.

CMS WordPress

Yang sangat terkenal, mudah digunakan, dan dikembangkan adalah WordPress. CMS ini desain untuk mereka yang benar-benar tidak mengerti bahasa pemrograman. Beragam fitur yang tersedia di dalamnya benar-benar sangat memudahkan untuk pemula, bahkan dengan bantuan plugin yang menjadi andalan WordPress, ini sangat cocok untuk mereka yang sudah expert dalam pembuatan website.

Berikut ini adalah bahasa program yang umum digunakan untuk pembuatan website:

  1. HTML
  2. PHP
  3. JavaScript
  4. Web UI
  5. Bootstrap
  6. Laravel Framework
  7. jQuery

Bahasa pemrograman untuk pembuatan website akan terus mengalami pembaharuan seiring dengan kemajuan perangkat pengguna untuk mengakses sebuah website. Contoh pada bahasa program pembuatan website basic HTML, sekarang sudah berkembang ke HTML5.

Pelajaran yang penting untuk Anda perhatikan disini adalah, sebagai pemilik atau pengembang dari sebuah website, Anda perlu secara berkala memperbaharui bahasa program pembuatan website Anda agar mudah di akses oleh pengguna melalui perangkat yang mereka miliki, dan perangkat ini bisa saja gedget, seperti yang Anda ketahui juga, gedget selalu berjalan ke arah modernisasi, jika Anda tidak peduli dengan hal ini, tidak menutup kemungkinan website Anda akan sepi pengunjung.

Mesin telusur seperti Google juga sangat memperhatikan hal ini untuk memberikan peringkat terbaik kepada website-website yang memenuhi kriteria baik untuk di akses oleh pengguna. Jadi, jangan lupa untuk melakukan upgrade CMS atau bahasa pemrograman website kalian ya. Tidak mau kan kehilangan posisi puncak di hasil penelusuran ? Lakukan selalu upaya terbaik sesuai dengan anjuran mesin telusur di alat web master.

Demikian tulisan Blog saya kali ini. Semoga dapat mencerahkan dan bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.